Uncategorized

Cara Membuat Branding Watermark di Youtube.

Kamu pernah mampir di channel youtube saya? Apa? Belum? Hiks. 🙁

Tapi tidak apa-apa, kamu bisa mampir setelah menghabiskan tulisan saya ini. Karena kalau kamu tidak mampir, cerita saya ini tidak akan bisa kamu pahami. hehe. Nanti, di akhir tulisan akan saya lampirkan link dari channel youtube saya. Mampir ya. 🙂

Youtuber Pemula nan Sok Tau.

Mungkin istilah di atas sangatlah tepat bila disandingkan di belakang nama saya. Kenapa? Ya, kalau kamu sudah pernah melihat video-video yang ada di channel youtube saya, pada pojok kanan bagian atas, pojok kanan bagian bawah atau di pojok kiri bagian bawah pada layar youtube, kamu akan menemukan semacam rangkaian bunga yang di tengahnya bertuliskan elnonita.




Tak hanya model rangkaian bunga saja yang akan kamu dapatkan pada lokasi yang saya sebutkan tadi. Kamu juga akan menjumpai semacam lingkaran yang di bagian tengahnya juga bertuliskan elnonita. Namun tidak semua video saya beri tanda seperti itu.

Apakah tujuan saya memberi tanda-tanda seperti rangkaian bunga atau lingkaran tersebut?

Yup, kamu bener sekali. Tujuannya adalah sebagai watermark untuk video-video saya.

Lalu kenapa saya ingin sekali membubuhkan watermark pada video-video tersebut? Bukan artis, bukan pula youtuber kondang kok ya saya sok-sokan pake watermark segala. Hehe. Sesuai dengan gelar saya di ataskan? Saya ini pemula yang suka berlagak. Sok keren, sok paham, padahal nothing. 😀

Ya menurut saya yang sok tau ini, watermark itu memiliki beberapa fungsi yang menguntungkan pemiliknya. Ada beberapa poin yang berhasil saya tangkap dari kaca mata kesoktauan saya. Di antaranya :

1. Identitas diri.

Watermark salah satu bentuk lain dari sebuah identitas. Identitas ini bisa pula dijadikan sebagai branding kamu agar mudah dikenal oleh banyak orang. Sebagai contoh, sebuah foto nan indah yang memiliki watermark akan memudahkan kita mengenali siapakah dalang dari keindahan foto tersebut. Hal yang sama berlaku juga pada video, tulisan, dan bidang-bidang kreatif lainnya.

2. Mengamankan konten.

Bila di dalam blogging copy paste haram dilakukan oleh blogger-blogger yang menjaga kualitas sebuah blog. Maka di yutubing, hal yang tidak disukai oleh mereka yang memiliki idealis tentang sebuah konten itu adalah reupload.

Tapi tak semua youtuber menjunjung tinggi nilai sebuah gagasan. Bisa jadi bila konten videomu menarik serta menjual, maka dengan mudah kontenmu dicomot lalu kembali diupload. Nah, watermark menjadi solusi untuk mengamankan konten-konten youtube-mu agar tetap memiliki identitas.




Caranya letakkan watermark sebesar-besarnya di tiap video yang kamu miliki, agar bila suatu saat ada tangan-tangan jahil yang ingin usil, identitas pemilik masih dapat terbaca. Dan berdoalah agar watermark-mu tidak diblur oleh mereka. Hehe.

3. Sebagai salah satu bentuk promosi.

Tak diragukan lagi bila watermark dapat dijadikan sebagai ajang promosi diri. Iya, karena dari situlah kita menjadi paham tentang sebuah nama.

4. Membuka peluang.

Kreativitas yang dibungkus dengan menarik kerap mendatangkan sebuah peluang nan menguntungkan. Melalui watermark memudahkan orang mengenali siapakah pemilik gagasan-gagasan berlian itu. Tentu ini menjadi kesempatan yang bagus bagi si pemilik ide.

Mengupas Ketidakpahaman si S0k Tau.

Di atas saya menyebut diri saya sebagai youtuber pemula nan sok tau. Dasar dari pelabelan tersebut bermula dari ketidakpahaman saya tentang cara menyisipkan branding pada video-video saya. Bila sebelumnya saya sudah mengupas fungsi dari watermark. Maka, sekarang saya akan menunjukkan ke kamu di mana letak kesoktauan yang saya maksud? Sebelumnya coba simak dulu satu video saya di bawah ini.

Kini, mari kupas persoalan dari ketidakpahaman saya tersebut. Perhatikan gambar berikut.

youtube

Dan di sinilah letak akar masalah saya. Tanda watermark1 pada gambar di atas itu adalah hasil kesoktauan saya. Ingin saya, watermark yang ada pada video-video saya ya seperti watermark2 pada pojok kanan bagian bawah layar video. Beberapa hari yang lalu saya baru mengetahui cara membuat watermark2 ini.

Agar kamu terhindar dari masalah yang sama seperti saya. Saya akan berbagi kepadamu bagaimana cara membuat branding watermark pada youtube. Coba perhatikan langkah-langkah berikut.

1. Login ke channel youtube-mu.
2. Lalu pilih menu creator studio pada channel youtube-mu.

youtube creator studio
3. Klik menu channel lalu pilih —>>> branding kemudian tambahkan file dengan format PNG atau GIF sebagai watermark-mu dan upload.

youtube add watermark

upload watermark
4. Langkah terakhir adalah memilih waktu tayang untuk branding watermark-mu. Ada tiga pilihan yang diajukan oleh youtube, yaitu :

  • End of video, branding watermark akan muncul pada akhir video.
  • Custome start time, kemunculan watermark sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh mu.
  • Entire video, branding watermark-mu akan tampak mulai dari awal penayangan video hingga akhir.

pilih waktu tayang watermark

Pengalaman Mengajarkan Saya…

Pipi saya kerap merona usai memahami betapa gampangnya cara membuat branding watermark pada sebuah video. Saya terkadang tersenyum geli ketika mengenang sungguh ngawurnya cara saya menyisipkan logo pada video-video saya tersebut. Bahkan, saat saya merangkai kisah ini pun, saya masih tersipu malu.

Tapi sudahlah, toh itu semua bisa saya akhiri dengan bertambahnya wawasan mengenai cara memberi branding watermark pada youtube. Kini, saya kian yakin mengenai satu hal, bahwa seperti apa pun pengalaman yang kamu dapat selalu ada pelajaran berharga di baliknya. 😉

Semoga bermanfaat.

Tabik!

14 Comments

  1. Banyak memang yang nyinyir, kenapa foto atau video mesti dikasih watermark, sedangkan karya mereka yang mastah aja enggak. Pernah foto masakan saya dicolong blog lain. Kalau cuma sebatas ini masih mending. Di saat saya nulis di portal masakan dengan foto itu, dicurigai saya maling foto, haha… Semua berawal dari “foto polos” tanpa watermark.

  2. Wah…trims infonya tentang watermark di youtube. Hmm…kalau video-video sebelumnya masih bisa disisipkan watermark tidak ya? Atau harus diedit? Makasih yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *